Tari Gambyong Surakarta ( Sejarah Dan Gerakannya )

Tari Gambyong Surakarta ( Sejarah Dan Gerakannya ) - Tari Gambyong .Tari Gambyong adalah Seni tari yang berasal dari Surakarta Jawa Tengah. Asal mula tari Gambyong ini berdasarkan nama seorang penari jalanan (dalam bahasa jawanya penari jalanan disebut tledek, kadang terdengar kledek). Nama seorang penari ini adalah Gambyong. Ia hidup pada zaman Sinuhun Paku BUwono ke IV di Surakarta Sekitar tahun 1788 – 1820. Gambyong ini dikenal sebagai seorang penari yang cantik dan bisa menampilkan tarian yang cukup indah. Gambyong pun terkenal di seluruh wilayah Surakarta kemudian terciptalah Tari Gambyong. Jadi tari gambyong ini diambil dari Nama seorang Penari Wanita.Tari Gambyong Surakarta ( Sejarah Dan Gerakannya ) .
Tari Gambyong Surakarta ( Sejarah Dan Gerakannya )


Tarian Gambyong ini merupakan salah satu jenis tari pergaulan di masyarakat. Seperti Tari Jaipong dari Jawa Barat yang juga merupakan tari pergaulan. Ciri khas dari pertunjukan tari gambyong ini adalah selalu dibuka atau di awali dengan gendhing pangkur sebelum tarian di mulai. Tari gambyong akan terlihat indah dan elok jika sang penari dapat menyelaraskan antara gerakan dan irama musik gendang. Karena, gendang sendiri umumnya disebut sebagai otot tarian dan pemandu gendhing.

Pada zaman dulu kala, yaitu pada zaman Surakarta. Instrumen pengiring tarian Jalanan (tledek) Gambyong ini dilengkapi dengan bonang dan gong. Galeman yang digunakan umumnya meliputi gong, kempul, kenong, kendang, gender, dan penerus gender. Semua instrumen tersebut selalu dibawa kemana-mana dengan cara dipikul
Tari Gambyong Surakarta foto gambar jawa tengah

Perlu diketahui bahwa ada salah satu instrumen yang tampak sederhana namun untuk memainkan bukanlah sesuatu yang mudah. yaitu Gendhang. Untuk memainkan gendang yang baik, penabuh gendang atau pengendang harus mampu jumbuh dengan keluwesan tarian, selain itu juga harus mampu berpadu dengan irama gending. Wajar sekali jika sering terjadi dimana seorang penari gambyong tidak dapat dipisahkan dari pengendang. Begitu pun sebaliknya, penabuh gendang yang telah memahami gerak-gerik si penari gambyong pun juga akan mudah memainkan gendang yang sesuai dengan penari gambyong.

GERAKAN TARI GAMBYONG PAREANOM PKJT ( kaset , Driasmara , PKJT , Ira Record ) :

a . Kipat srisig masuk (12 hitungan )

b . Ulap-ulap tangan kanan

            Srisig kiri
            Kebyok sampur kiri, trap cethik kiri, menthang kanan miwir sampur
           Embat tangan kanan , leyek kanan, nekuk ke samping kiri ukel  penuh leyek kiri
             Debeg gejug kiri, menthang kanan enjer ke kanan
            Gejug kaki kiri kebyok kedua sampur , srisig maju
            Kebyok sampur , lepas sampur kanan
            Tangan kiri nekuk mingkis miwir sampur , tangan kanan menthang
            Srisig kiri, kembali gawang
            Penggel , sindet


c . Batangan

            Pilesan putar
            Snsia kiri
            Magak ( tangan kiri menthang dan ngrayung , tangan kanan trap cethik ,  tolehan kitri, leyek kiri)
            Laku telu ( nacah berjalan samping maju )
            Srisig kiri
            Magak
            Ukel pakis ( kedua tangan trap pusat, tangan kanan di bawah , tangan kiri di atas tangan kanan ukel putar )
            Sindet ukel karna
            Tatapan 1 ( tanjak nggrodha , tangan kanan menthang miwir sampur, tangan kiri trap karna miwis  sampur)
            Gajah ngoling ( kebyok-kebyok sampur bergantian , melangkah ke depan )
            Kawilan 1 ( tangan kiri menthang miwir sampur tolehan kekiri, tanga kanan trap cethik  kanan nyekithing sampir sampur kanan )
            Srisig kiri
            Magak
            Tumpang tali glebagan (membalik)
            Srisig kiri
            Magak
            Tatapan 2 (tawing-taweng)
            Sindet ukel karna
            Pilesan (ditempat)
            Srisig kiri
            Magak
            Tumpang tali, kenseran
            Sindhet ukel karna
            Lumaksana enjeran miwir sampur , tangan kanan nekuk (mangkerik )
            Magak
            Kawilan putar ( menthang kiri miwir sampur, tangan kanan [malangkerik]
            Srisig kiri


d .Kebyok kedua sampur

            Kebyak lepas kedua sampur
            Udal rikma
            Srisig kiri, kembali gawang semula
            Kipat srisi kanan , selesai.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Tari Gambyong Surakarta ( Sejarah Dan Gerakannya ) .Lihat juga informasi lainya seperti Pengertian Tari Modern ( Jenis ,Sejarah Dan Tokoh )  Terimakasih

Tari Gambyong Surakarta ( Sejarah Dan Gerakannya ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

1 comments: